6 Cara Mudah Mengatasi HP Lemot

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Jika Anda memiliki HP lemot, tak perlu buru-buru beli ponsel baru karena ada berbagai cara mengatasi ponsel lemot dengan mudah.

Ponsel lambat merespons perintah alias lemot terkadang bisa membuat penggunanya jengkel. Apalagi jika ponsel diperlukan untuk kebutuhan yang bersifat urgensi.

Penyebabnya beragam, mulai dari terlalu banyak aplikasi, terkena malware, dan lain-lain.

Nah, bagi Anda yang kebetulan tengah mengalami situasi ini, coba dulu cara mengatasi ponsel lemot berikut ini, dilansir laman Androidpit, Selasa (12/2/2021).

1. Cek Jendela Aplikasi

Sebelum melakukan langkah yang lebih jauh, alangkah baiknya memeriksa dan mengecek terlebih dahulu faktor yang menyebabkan ponsel lemot.

Coba lihat di jendela aplikasi, apakah ada banyak aplikasi yang bekerja bersamaan (multitasking) atau tidak. Jika ada, tutuplah aplikasi yang tidak diperlukan. Hal ini akan mengurangi beban kerja prosesor sehingga HP akan kembali responsif.

2. Berikan Ruang Kosong

Data foto, video, dan aplikasi yang terlalu banyak bisa membuat ruang penyimpanan ponsel berkurang, atau bahkan di ambang batas maksimal. Oleh karena itu, hapuslah foto, video, atau aplikasi yang tidak diperlukan.

3. Rutin Membersihkan Sampah Aplikasi

Salah satu cara menjaga kapasitas memori internal adalah dengan rajin membersihkan sampah aplikasi.

Tanpa disadari, semua aplikasi yang berjalan di ponsel biasanya memakan banyak ruang penyimpanan. Rajinlah membersihkan sampah aplikasi agar kinerja ponsel optimal.

4. Hapus Cache di Browser

Jika diakumulasikan, jejak pencarian di browser ponsel bisa menjadi sampah yang membebani prosesor. Akibatnya, ponsel lemot dan cepat panas.

Hapuslah cache pada browser internet HP secara berkala. Seandainya ada laman yang dirasa penting, cukup tandai dan simpan saja.

5. Jangan Instal Aplikasi Pembersih dari Pihak Ketiga

Ketika membuka toko aplikasi, terutama di Play Store, biasanya ada sugesti untuk mengunduh aplikasi pembersih ponsel.

Alih-alih membersihkan file yang tidak diperlukan, aplikasi ini justru memuat sampah tersendiri karena aplikasi tersebut selalu berjalan. Lagi-lagi, kinerja prosesor menjadi berat gara-gara harus membuat aplikasi pembersih sampah ini terus 'on'.

6. Tambah Kartu Memori

Ini opsi terakhir jika pengguna ponsel tidak mau mengorbankan foto, video, atau aplikasi untuk dihapus. Kartu memori ponsel (mayoritas MicroSD) bisa menambah ruang penyimpanan data pada ponsel.

6 Cara Mudah Mengatasi HP Lemot
Silakan Dicoba, 5 Tips Atasi Masalah Laptop Lelet
6 Kesalahan Menghapus Riasan Mata yang Bikin Iritasi
10 Tips Cepat Menidurkan Anak di Malam Hari, Bunda Perlu Tahu