Ini Kue Cokelat Paling Laris Untuk Kado Hari Valentine

TEMPO.CO,

Jakarta - Cokelat yang manis kerap dipilih sebagai kado Valentine oleh para pasangan. Kudapan yang manis ini banyak diminati berbagai kalangan orang, mulai anak kecil hingga manula. Cokelat juga berguna bagi kesehatan tubuh, yaitu mencegah penyakit jantung, mengurangi stres, dan menghambat penuaan.

Pada hari Valentine, penjualan cokelat pun laris manis. Salah satu toko yang ramai dikunjungi pembeli pada saat Valentine adalah Dapur Cokelat. Ditemui di gerai toko cokelat itu, di bilangan Tebet, Jackson, salah satu pelanggan mengaku sangat senang bisa membelikan cake Valentine untuk kekasihnya, dengan harga yang relatif terjangkau tapi soal kulitas tetap nomor satu.

Mahasiswa ini membeli regular cake untuk kekasihnya sebagai kado Valentine. “Saya membeli regular cake Choco Monkey, ini harganya Rp 30 ribu. Murah sih, tapi enak. Pacar saya pasti suka. Sekaligus ini sebagai hadiah untuk perayaan Valentine, besok,” katanya, di Tebet, Selasa, 13 Februari 2018.

Santi, karyawan Dapur Cokelat mengatakan menu andalan di toko cokelat ini adalah Opera Cake yang bentuknya seperti pie buah dan Choco Monkey. Cake rasa cokelat ini di dalamnya terdapat pisang yang lumer.

“Ya, memang kalau menjelang Valentine yang paling banyak dicari kedua kue tersebut (Opera Cake dan Choco Monkey) karena harganya terjangkau dan paling enak. Sebenarnya juga masih ada banyak yang dicari, tapi kedua cake tersebut paling laku” ujarnya. 

Penjualan cokelat di toko online juga meningkat pesat. Platform e-commerce terkemuka di Indonesia, Tokopedia, memprediksi penjualan cokelat dan bunga pada Februari 2018 akan naik. Tahun lalu, menjelang Valentine penjualan cokelat mampu meningkat lebih dari 650 persen dan penjualan bunga tercatat meningkat lebih dari 250 persen.

“Hari Valentine memang identik dengan bunga dan cokelat dan hal ini berimbas pada meningkatnya permintaan kedua barang tersebut,” ucap Co-Head of Marketplace Tokopedia Garri Juanda dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 9 Februari 2018.

Salah satu merchant cokelat di Tokopedia, Kakaoku Cokelat, mengaku mengalami peningkatan penjualan cokelat yang signifikan jelang Valentine. Founder Kakaoku Cokelat Shita mengatakan, peningkatan penjualan pada hari Valentine bahkan bisa mencapai 500 persen dibandingkan dengan hari biasa.

Produk cokelat yang paling diminati dari Kakaoku Cokelat pada saat Valentine, antara lain buket bunga cokelat, cokelat foto frame, dan praline text. "Ini peluang usaha yang bisa dimaksimalkan," tuturnya dalam keterangan tertulis yang sama.

ANDRA PRABASARI | DIAS PRASONGKO | TD

Ini Kue Cokelat Paling Laris untuk Kado Hari Valentine
Keren, Pria Ini Memberi Kado Valentine yang Sama Selama 39 Tahun