Jago Silat, Siswa SMP Di Dharmasraya Dapat Sepeda Dari Jokowi

TEMPO.CO,

Padang - Dalam tiga hari terakhir ini, Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersafari di Provinsi Sumatera Barat untuk meninjau dan meresmikan sejumlah proyek. Jokowi  menempuh perjalanan ke lima daerah di ranah minang, dengan total jarak tempuh tak kurang dari 700 kilometer.

"Saya tiga hari ini ke Padang, Dharmasraya, Solok, lalu kehujanan di sana, tidur di Tanah Datar, lalu ke Padang lagi," kata Jokowi saat memberikan sambutan pada acara ground breaking Jalan Tol Padang-Pekanbaru di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, pada Jumat 9 Februari 2018.

Baca juga:

Istana Bantah Mobil Rombongan Jokowi Kecelakaan di Sumatera Barat

Kunjungan ke Solok, Mobil Jokowi Berhenti 10 Kali

Jokowi hadir di lokasi ground breaking sekitar pukul 16.00 WIB, menggunakan setelah khasnya, kemeja putih lengan panjang.

Adapun perjalanan dari satu lokasi ke lokasi lainnya memang cukup jauh, mengingat wilayah Sumatera Barat yang mencapai 42 ribu kilometer persegi, lebih luas dari Jawa Barat yang hanya 37 ribu kilometer. Untuk jarak tempuh Padang ke Dharmasraya saja, bisa mencapai kurang lebih 200 kilometer.

Jokowi kali ini tak sendiri, ia ditemani sejumlah pembantunya di Kabinet Kerja. Beberapa yang ikut hadir yaitu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono; Manteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan Djalil; Menteri Sosial, Idrus Marham; Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Archandra Tahar; Sekretaris Kabinet, Pramono Anung.

Lantas nada suara Jokowi mendadak pelan,"Kalau ditanya, capek gak ? ya capek." Namun perjalanan ini, kata dia, adalah tugas yang diemban. "Untuk melihat-lihat masalah apa yang ada di lapangan," kata Jokowi dengan nada yang lebih lantang.

Datang sejak hari Rabu, Jokowi juga meninjau sejumlah proyek lain. Ia meninjau proyek padat karya oleh Kementerian PUPR di Kabupaten Dharmasraya dan Tanah Datar.

Bahkan di Tanah Datar, Kamis, 8 Februari 2018, di tengah hujan lebat, Jokowi tetap meninjau langsung proyek irigasi yang terletak di tengah sekitar 100 meter di tengah sawah.

Hari ini adalah hari terakhir Jokowi di Sumatera Barat. Ia meresmikan pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru sepanjang 254,8 kilometer. Pembangunan jalan dikerjakan oleh Badan Usaha Milik Negara, PT Hutama Karya. Biaya investasi pembangunan ini diperkirakan mencapai Rp. 78,09 triliun dengan target penyelesaian selama lima tahun (2018-2023).

Simak juga: Jago Silat, Siswa SMP di Dharmasraya Dapat Sepeda dari Jokowi

Usai meresmikan tol pertama di Sumatera Barat ini, Jokowi masih bersedia melayani pertanyaan wartawan. Ia optimistis jalan tol Padang-Pekanbaru ini akan menimbulkan efek ekonomi lanjutan bagi kedua provinsi, baik dari pariwisata maupun peningkatan daya saing produk.

"Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim, pada sore ini saya resmikan dimulainya jalan tol lintas Sumatera, ruas Padang-Sicincin," ujar Jokowi.

Pukul 17.15 WIB, mobil rombongan milik Jokowi pun berlalu meninggalkan lokasi ground breaking, untuk segera terbang kembali ke Jakarta.

Cerita Jokowi 3 Hari Keliling Sumatera Barat: Kehujanan dan Capek
Sapa Warga Sumbar, Jokowi: Ba'a Kabanyo, Lai Elok-elok Sajo?