Lalu Muhammad Zohri Juara Dunia Atletik U 20, Warganet Ucapkan Selamat

TEMPO.CO,

Jakarta - Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengucapkan selamat atas prestasi Lalu Muhammad Zohri, sprinter asal Indonesia yang baru saja menjuarai Kejuaraan Dunia Atletik IAAF U-20 di Tampere, Finlandia.

“PDI Perjuangan dengan bangga dan penuh syukur mengucapkan selamat kepada Muhammad Zohri,” ujar Hasto lewat keterangannya pada Jumat, 13 Juni 2018.

Baca: Jokowi Beri Hadiah Renovasi Rumah untuk Lalu Muhammad Zohri

Kemenangan Zohri mengagetkan lantaran dia sebelumnya bukan peserta yang diunggulkan. Pelari berusia 18 tahun itu mencuri perhatian setelah mengalahkan Anthony Schwartz dan Eric Harrison dari Amerika Serikat, Thembo Monareng asal Afrika Selatan, dan Dominic Ashwell dari Inggris. Zohri menjadi jawara kendati start dari lintasan 8 atau lintasan yang terluar.

Namun, dia justru melesat meninggalkan para peserta unggulan. Dia mencapai finish dengan catatan waktu 10,18 detik. Kecepatan angin saat itu tercatat 1,2 meter/detik, masih di bawah batas maksimal kecepatan angin yang diizinkan IAAF.

Baca: Zohri Kebingungan Cari Bendera Setelah Juara, Ini Kata Menpora

Zohri juga memecahkan rekor nasional junior 100 meter putra dengan catatan waktu 10,25 detik. Catatan waktu Zohri mendekati rekornas senior 10,17 detik yang diraih sprinter Suryo Agung Wibowo.

Kemenangan Zohri, ujar Hasto, menghadirkan kembali benih-benih kebanggaan terhadap Tanah Air. Kemenangan tersebut juga menjadi salah satu simbol tentang makna kompetisi dan kecepatan yang sering disampaikan oleh Presiden Jokowi. “Presiden Jokowi selalu menekankan pentingnya kecepatan, speed and speed dalam berbagai hal,” ujar Hasto.

Lalu Muhammad Zohri Juara Dunia, PDIP Ucapkan Selamat
Warganet Puji Muhammad Zohri Juara Atletik Dunia
Zohri Juara Dunia, TGB: Prestasi Gemilang Putra Lombok
Juara Dunia Zohri Tiba di Tanah Air
Zohri Tidak Menyangka Bakal Disambut Luar Biasa
Sang Juara Dunia Lalu Zohri dan Peringatan dari PB PASI
Lewat Atletik Zohri Semakin Dekat Wujudkan Impian