Manfaat Ganti Kartu Paspor BCA Magnetic Ke Kartu Paspor BCA Chip

KOMPAS.com – Bank BCA mengimbau para nasabah agar segera mengganti kartu ATM berbasis magnetic stripe miliknya menjadi tipe chip.

Dalam laman resmi bca.co.id, dijelaskan 3 alasan kenapa kamu harus ganti ke kartu ATM atau Paspor BCA chip. Alasan pertama yakni kartu debit chip lebih banyak benefitnya.

“Jika kamu beralih ke kartu debit berteknologi chip, misalnya ke kartu debit chip BCA Mastercard, maka kamu tidak hanya bisa melakukan transaksi di ATM mesin EDC. Kamu juga bisa melakukan transaksi debit online, dengan cara mengaktifkannya lewat BCA mobile,” tulis BCA dalam laman resminya, dikutip Sabtu (27/2/2021).

Dijelaskan pula, kamu bisa bayar belanja online, berlangganan streaming musik/film, sampai beli voucher game di berbagai platform yang menyediakan pembayaran dengan mastercard.

Baca juga: Kartu ATM Hilang atau Pindah Tangan? Ini yang Harus Dilakukan

Alasan kedua yakni adanya kewajiban yang ditetapkan Bank Indonesia untuk mengganti ATM magnetic stripe menjadi kartu chip.

Sejak 2015, Bank Indonesia memang sudah mencanangkan implementasi Standard Nasional Teknologi Chip dan penggunaan 6 Digit PIN untuk kartu ATM /Kartu Debet yang diterbitkan di Indonesia.

“Jadi kamu harus segera mengganti ke Paspor chip daripada nantinya tidak bisa digunakan karena bank-bank dan merchant-merchant sudah mulai mengganti mesin EDC yang bisa membaca kartu chip secara bertahap,” demikian bunyi penjelasan BCA.

Alasan terakhir yakni agar bisa mengurangi risiko kejahatan kartu. BCA mengakui, saat ini banyak terjadi kejahatan kartu dengan modus pencurian data lewat magnetic stripe pada kartu atau yang biasa disebut skimming.

Baca juga: Apa Itu Card Skimming yang Bisa Bikin Saldo Rekening Lenyap?

“Magnetic stripe secara teknologi lebih mudah di-copy datanya ketimbang kartu chip yang secara teknologi lebih maju. Jadi, kartu magnetic stripe kamu itu lebih berisiko lho,” bebernya.

Batas waktu dan cara ganti kartu ATM BCA

BCA tak menjelaskan adanya kebijakan khusus kapan batas waktu bagi nasabahnya untuk mengganti kartu. Hanya saja, BCA mengimbau agar nasabah secepatnya melakukan penggantian.

“Semakin cepat penggantian kartu dilakukan maka akan semakin baik untuk meningkatkan keamanan dalam bertransaksi. Efektif 1 Januari 2022, Paspor BCA lama berbasis magnetic stripe praktis sudah tidak dapat lagi digunakan untuk bertransaksi,” tulis BCA.

Baca juga: Khawatir Saldo Raib karena Card Skimming? Jangan Asal Gesek Kartu ATM!

Kamu dapat memperoleh Paspor BCA Chip dengan dua cara. Pertama, dengan mengunjungi kantor cabang BCA untuk menukarkan Paspor BCA lama melalui Customer Service.

Penggantian ke Paspor BCA berbasis chip dapat dilakukan di seluruh cabang BCA di seluruh Indonesia.

Selain itu, kamu juga bisa menukarkan kartu melalui mesin CS Digital. CS Digital adalah layanan bagi nasabah untuk melakukan transaksi perbankan yang terkait dengan layanan Customer Service (CS) dalam satu mesin secara self service di cabang.

“Nah, siapkan KTP dan Paspor BCA lama kamu, segera kunjungi cabang BCA atau CS Digital dan beralih ke kartu Paspor Chip,” seru BCA.

Baca juga: BNI dan Mandiri Mau Blokir Kartu ATM Magnetic Stripe, BRI Bagaimana?

BCA Imbau Ganti Kartu ATM Magnetic Stripe ke Kartu ATM Chip Secepatnya
BCA Imbau Ganti Kartu ATM Magnetic Stripe ke Chip Secepatnya
2021 Batas Akhir Penggunaan Kartu Debit Magnetic, Segera Ganti Sebelum Terblokir
Cara Ganti Kartu ATM Chip