Mudik Dengan Sepeda Semakin Menjadi Tren

Tidak bisa dipungkiri kalau saat ini tren sepeda motor memang mulai beralih ke skuter matik (skutik) setelah sebelumnya motor bebek yang menjadi idola. Tapi di antara dua tren ini, pada tahun 2000-an sempat muncul motor ayam jago yang menjadi idola.

Motor ayam jago sendiri berwujud layaknya motor bebek namun dengan suspensi depan layaknya motor sport. Suzuki Satria F adalah salah satu motor yang mengisi dan menjadi salah satu yang paling populer dari segmen ini. 

Meski mempertahankan modelnya yang sporty dan performanya yang di atas rata-rata motor bebek, Suzuki Satria F tetap tidak mampu menahan gempuran tren skutik di pasar Indonesia. Berdasar data wholesales (distribusi pabrik ke diler) Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) sepanjang enam bulan pertama all new Suzuki Satria F150 hanya mencatatkan angka distribusi 10.390 unit dan bahkan di bulan Juni 2018 tercatat Suzuki hanya mengirimkan 467 unit Satria ke diler.

Menanggapi hal ini GM Sales & Marketing Divisi 2W PT Suzuki Idomobil Sales (SIS) Yohan Yahya angkat bicara. Menurut dia, saat ini mereka sedang melakukan penyesuaian terhadap stock unit Suzuki Satria yang mereka produksi.

"Permintaannya cukup banyak sebenarnya. Hanya beberapa bulan terakhir ini kami coba menyeimbangkan stock. Untuk bulan ini (Juli 2018) sudah kembali normal ke angka sekitar 2 ribu unit (per bulan)," terang Yohan saat dihubungi

kumparanOTO, Sabtu (14/7).

Suzuki Satria F150 © Disediakan oleh Kumparan Suzuki Satria F150

Meski begitu Yohan terkalang lidah kalau pasar motor ayam jago seperti Suzuki Satria F memang tidak besar saat ini dibanding skutik. Sebagi perbandingan, angka distribusi all new Suzuki Satria F150 sepanjang semester pertama tahun 2018 tidak sampai 10% dari rata-rata distribusi Honda BeAT --sepeda motor paling populer di Indonesia saat ini-- per bulan di tahun 2018.

"Memang saat ini tren ke arah matik semakin besar, lebih dari 80 persen pasar dikuasai matik, namun demikian masih banyak anak anak muda, yang suka akan performance dan mereka akan memilih model ayam jago ini," terang Yohan.

Masuk ke Indonesia pertama kali tahun 2004, Suzuki Satria F langsung menjadi idola remaja laki-laki --walau tidak sedikit juga wanita yang suka dengan motor ini-- karena modelnya yang sporty dan mesinnya yang tangguh. Kurang lebih 14 tahun di pasar roda dua lokal, sudah lima kali motor ini mendapat penyegaran hingga yang terakhir all new Suzuki Satria F150 dihadirkan tahun 2016 lalu dengan beberapa penyegaran yang dilakukan setahun kemudian.

All new Suzuki Satria F150 hadir dengan teknologi mesin 150 cc fuel incjection baru dari Suzuki. Mesin ini dikawinkan dengan sistem transmisi 6-percepatan yang diadaptasi dari teknologi MotoGP Suzuki. Selain itu Suzuki Satria teranyar ini juga sudah dilengkaoi sistem pendigin cairan dengan radiator yang besar untuk menjamin performa mesinnya. Selain itu fitur seperti security alarm dan port USB (di bagasi) juga tersedia di motor ini.

Diterjang Tren Skutik, Suzuki Masih Yakin dengan Satria F
Turun 11 persen, penjualan mobil Astra masih melempem di semester I
Foto Selfie Terbaik Tidak Harus Pakai Smartphone Mahal
Pajak, Penanda Moral Kita
Yamaha Xmax 250 Punya Empat Warna Baru
Ini Kegiatan yang Selalu Ditunggu Para Pencinta Skutik
Ini Kegiatan yang Selalu Ditunggu Para Pecinta Skutik
Ketika Presiden Jokowi Ditegur Warga gara-gara Salah Sebut
1.200 Atlet Triathlon Dunia Siap Bersaing di Ironman 70.3 Bintan
Pelanggar Uji Coba Ganjil-Genap Dialihkan ke Jalur Alternatif