Valentine Di Filipina Bukan Hanya Cokelat Dan Bunga

TEMPO.CO,

Jakarta - Hari Valentine umumnya dirayakan dengan bertukar cokelat dengan pasangan, makan malam romantis, atau sekadar pergi bersama. Namun, ada beberapa negara yang memiliki tradisinya masing-masing, seperti Denmark, Italia, Inggris, Perancis, dan sebagainya.

Tradisi unik yang ada di Denmark adalah gaekkebrev, yaitu surat berisi gombalan yang dikirim oleh laki-laki kepada perempuan. Dalam surat itu, mereka tidak menuliskan nama atau identitas mereka melainkan tanda titik-titik sebagai klu identitasnya. Sebab, sang perempuan memang diharuskan untuk menebak sosok yang mengirimkan surat itu untuk mendapat hadiah berupa telur Paskah di Hari Paskah.

Baca juga:

Tradisi Unik Valentine, Bisa Bertemu Jodoh Saat Subuh

Dokter : Jangan Percaya Iming-Iming Obat Pemecah Batu Ginjal

Lain lagi halnya di Italia dan Inggris. Kedua negara ini memiliki tradisi serupa yang berkaitan dengan persoalan jodoh. Di Italia, perempuan yang belum menikah akan bangun pada waktu subuh untuk mencari calon suami. Mereka percaya, laki-laki yang pertama mereka lihat di pagi itu adalah jodohnya atau sangat mirip dengan jodohnya. Sementara itu, perempuan Inggris akan menaruh lima lembar daun salam di bantalnya untuk memimpikan jodohnya.

Tradisi tersebut tentunya bisa dibilang unik. Akan tetapi, di Filipina, ada satu tradisi yang sangat unik dan menjadikannya berbeda dengan negara lain. Tradisi tersebut adalah nikah masal.

Nikah masal ini sudah dilakukan dalam beberapa tahun belakang dan berhasil meresmikan ratusan pasangan yang ingin menikah. Tujuan diadakannya acara ini adalah membantu pasangan yang belum atau sudah tinggal bersama yang tidak memiliki cukup uang untuk melaksanakan pernikahan.

Pelaksanaan nikah masal ini tidak hanya berada di ibukota saja, tetapi juga kota kecil dan daerah-daerah lainnya di seluruh Filipina. Pernikahan masal itu tidak hanya memberikan wadah untuk mengikat janji suci, tetapi juga fasilitas lainnya seperti bunga, kue pernikahan, perjamuan, uang tunai, dan hadiah lainnya. Bahkan, ada juga beberapa sponsor yang akan memberikan cincin pernikahan

Salah satunya adalah pernikahan masal yang akan diadakan oleh Pag-IBIG Fund. Menurut Agensi Informasi Filipina, Pag-IBIG Fund akan mengadakan nikah masal untuk 150 pasangan untuk yang ke delapan kalinya di tahun 2018 ini. Acara ini akan menanggung biaya cincin pernikahan, buket bunga, foto dan bingkisan untuk para pengantin.

Baca:

Manfaat Balet, Perbaiki Postur Tubuh

Cara daftar menikah di hari Valentine itu pun terbilang cukup mudah. Calon pasangan suami istri awalnya harus memberikan dokumen personal pada pihak penyelenggara dan cukup muncul di area pernikahan dengan baju formal. Mereka bisa menggunakan gaun pernikahan atau hanya gaun sederhana berwarna putih. Untuk laki-laki, mereka bisa memakai baju tradisional, Barong Tagalog, atau baju formal lainnya seperti kemeja dan jas. Akan tetapi, ada juga beberapa acara yang menanggung baju pernikahan pasangan.

HUFFINGTON POST | PACIFIC DAILY NEWS | PHILIPPINE INFORMATION AGENCY | MAGNULIA SEMIAVANDA HANINDITA

Valentine di Filipina Bukan Hanya Cokelat dan Bunga
Keren, Pria Ini Memberi Kado Valentine yang Sama Selama 39 Tahun
Valentine di 4 Negara Asia, dari Nikah Masal Hingga Serbahitam
Cincin Hingga Tur Luar Angkasa, Kado Valentine Impian Cewek Milenial
Hiii, Prilly Latuconsina dapat Kiriman Bunga dari Sosok Misterius
Salah Kaprah! Sebenarnya Hari Valentine Dirayakan Tanggal 3 Mei, Bukan 14 Februari
Hot Chocolate dan Lalat Musim Dingin
Sudah Berhijrah, 3 Seleb Ini Tak Lagi Rayakan Hari Valentine dan Unggah Tulisan Menyentuh
Hari Valentine, Kenali 5 Bahasa Cinta yang Bikin Si Dia Makin Sayang
Attabrani Islamic Center Gelar Kajian Muslimat Pekanbaru, Cegah Valentine Day