Jokowi Kalahkan ARB Dalam Survei Internal Golkar

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, mengalahkan calon presiden usungan Partai Golkar, Abu Rizal Bakrie, dalam survei internal yang digelar partai berlambang pohon beringin itu.

"Dalam survei Pemilu Presiden, posisi Abu Rizal Bakrie secara nasional ada di posisi kedua, di bawah Jokowi," kata Ketua Badan Koordinasi Pemenangan Pemilu Pusat Partai Golkar Sharif Cicip Sutardjo dalam pembukaan Rakornas BKPP di Jakarta, Kamis (23/1).

Dalam survei yang melibatkan 30.000 responden itu, nama Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menempati posisi puncak dengan elektabilitas mencapai 26 persen. Abu Rizal Bakrie menyusul di belakangnya dengan perolehan 14,4 persen, Prabowo Subianto 10 persen, Megawati Soekarnoputri 6,9 persen dan Wiranto 6,6 persen.

"Ini pencapaian yang bagus karena Pak ARB bisa menyusul Prabowo yang sebelumnya di posisi kedua," katanya.

Jika tanpa ada nama Jokowi, lanjut Sharif, posisi ARB dipastikan langsung melejit ke posisi puncak. Namun, perolehan elektabilitasnya lebih kecil dari Jokowi, yakni mencapai 20,8 persen.

Kendati kalah dari mantan Wali Kota Solo, Jawa Tengah, itu, posisi ARB stabil di posisi kedua di hampir seluruh daerah yang disurvei.

"Secara wilayah, rata-rata posisi ARB berada di urutan kedua. Kecuali di Jawa Barat dan Lampung (di nomor satu). Beliau juga unggul dari capres lain walau nama Jokowi dimasukkan," katanya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum DPP Partai Golkar Abu Rizal Bakrie menyatakan pihaknya optimistis ke depan hasilnya akan lebih baik dari survei tersebut.

"Itu sekarang kan? Jadi kalau yang akan datang. Insya Allah kita akan lebih tinggi," ujarnya mantap.

Saat ditanya apakah dirinya berharap Jokowi tak dicalonkan PDI Perjuangan sebagai capres agar ia bisa menang, Abu Rizal hanya menanggapinya sambil tertawa.

"Nggak usah (berharap) begitulah," katanya.

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANT

Jokowi Kalahkan ARB dalam Survei Internal Golkar
Survei BPN Prabowo-Sandi Kalahkan Petahana, TKN: Menghibur Pendukung
BI: Pertumbuhan ekonomi Sumut pada 2022 bisa ikuti target nasional
Pertimbangkan Isu Perpecahan, Bamsoet Nilai Jokowi Bisa Didampingi Prabowo
Tak Hanya Harus Klop dengan Presiden, Calon Kapolri juga Wajib Berantas Korupsi di Internal
Motif di Balik Upaya Golkar Menggaet Ganjar Pranowo di Pilpres 2024
Survei Poltracking: Elektabilitas Ganjar Pranowo 18,2 Persen, Kalahkan Prabowo dan Anies
Golkar Targetkan 20 Persen Suara Pemilu 2024, Mustahil atau Mungkin?
Airlangga Jadi Capres Potensial di 2024, Golkar:...